Review & beli buku

Buku - Pahlawan Bumi - Gema Insani

Rp. 37.000 *

  • * Harga jual
  • * Harga belum termasuk ongkos kirim

Dikirim dari:

 Depok, Jawa Barat

Rp. 37.000 Harga Pasaran

0% Diskon

Rp. 0 Anda Hemat

Kode getbuku: pahlawan-bumi


Informasi Buku
Pahlawan Bumi

  • Judul: Pahlawan Bumi
  • Penulis:
  • Penerbit: Gema Insani
  • Berat: 1 kg
  • Jumlah Halaman : 48 Lembar
  • Dimensi (L x P): 24 x 19 cm
  • Jenis Cover: SC
  • Kategori / Tema: Akhlak

Sinopsis atau Deskripsi Buku
Pahlawan Bumi

Siapa yang tidak menyayangi, dia tidak akan disayangi.”(HR Ibnu Majah)

Allah Azza wa Jalla menciptakan bumi beserta isinya dengan begitu indah. Terdapat berjuta manfaat yang tersedia bagi para penghuninya. Kita sebagai manusia yang dilengkapi akal, berkewajiban menjaga keseimbangan alam yang ada di bumi ini. Mencintai tempat tinggal kita yang menjadi persinggahan menuju alam akhirat yang kelak segalanya diperhitungkan. Baik dan buruknya kita di dunia, akan dihisab oleh-Nya. Menjaga dan melindungi bumi dari kerusakan adalah langkah yang baik sebagai bentuk cinta pada Allah yang telah menciptakannya.

Menanamkan sejak dini kepada buah hati tercinta untuk lebih peduli pada bumi melalui cerita merupakan salah satu misi Fadila Hanum dalam buku Pahlawan Bumi ini. Bagi Penulis, tangan-tangan kecil mereka mampu mengubah dunia menjadi lebih baik hingga tahun-tahun mendatang. Terkadang, orang tua malah sering diberi tahu oleh anak-anak berkat kesadarannya sendiri untuk melindungi bumi dari berbagai ancaman. Dari pemikiran anak yang sederhana itu, sesungguhnya akan berdampak besar bagi generasi mereka kelak dan generasi penerusnya.

Melalui aksi keenam anak cerdas dalam buku ini, Fadila Hanum ingin memberikan edukasi pada buah hati kita untuk belajar mencintai alam dan menjaga bumi. Seperti gerakan kecil yang dilakukan Raya, Dea, Rasyid, Azmi, Moza, dan Pahlawan Misterius dalam buku ini yang dampaknya begitu besar bagi kelestarian bumi. Aksi keenam anak-anak ini bukan hanya memberikan didikan bagi buah hati kita, melainkan juga sebagai sarana hiburan yang mengasyikkan baginya. Apalagi, didukung dengan gaya penuturan Ayah dan Bunda yang baik dalam mendongengkan kisah ini pada si kecil.

Buku Pahlawan Bumi ini, berisi bahasan yang jarang kita temui pada buku-buku anak lainnya. Dengan menyajikan bahasan mengenai aksi anak-anak menjadi pahlawan bagi bumi, membuat buku ini unik dan berbeda. Selain memberikan tema kisah yang berbeda, buku ini juga memberikan sajian konten yang sangat banyak. Jadi, si kecil akan merasa belajar dalam suasana permainan. Dengan tema bahasan yang berbeda dan banyaknya konten yang tersedia, membuat buku ini berhasil menyabet piala dan piagam penghargaan di Islamic Book Fair (IBF) 2016.

Terdapat kisah aksi anak-anak cerdas yang diceritakan dengan gaya bahasa yang ringan, jelas, namun juga santai dengan diselingi candaan. Terdapat juga hikmah cerita di tiap akhir kisahnya agar Ayah dan Bunda dapat membantu si kecil untuk menemukan pesan-pesan yang disampaikan Penulisnya. Kemudian, dilengkapi pula dengan tips-tips menarik dan fakta unik yang ada dalam kisahnya. Illustrasi yang lucu dan menggemaskan dari tiap tokoh yang dikisahkan, juga menambah keseruan dan ketertarikan anak ketika membaca buku ini. Konten-konten menarik dalam buku ini tidak hanya sampai di situ, masih ada di halaman akhir yang menyajikan beberapa pertanyaan seputar kisah yang telah diceritakan dalam buku ini. Adanya konten tersebut, akan memancing inisiatif anak untuk menjawab dan melatih daya ingatnya saat membaca cerita.

Dialah Moza, gadis kecil ini melindungi bumi dengan hal sederhana yang ia terapkan sehari-hari di rumah. Mematikan lampu saat tidur dan menghemat penggunaan air adalah caranya untuk menjaga bumi agar tetap lestari. Moza juga selalu berusaha mengingatkan adiknya yang bernama Faza untuk hemat listrik dan air. Bukan hanya Faza, Moza juga mengajak Papa dan Mamanya untuk melakukan aksi itu. Awalnya Faza tidak mau menuruti ajakan Kak Moza untuk mematikan lampu saat tidur karena ia takut gelap. Faza juga mulanya belum mengerti kenapa harus irit menggunakan air saat menggosok gigi misalnya.

Kemudian, Kak Moza membujuk dan menjelaskan banyak kebaikan untuk bumi dan juga untuk manusia itu sendiri. Kak Moza menjelaskan pada Faza bahwa mematikan lampu saat tidur bisa menyelamatkan bumi dan dapat berdampak bagi kesehatan kulit manusia. Kalau tidak ada cahaya, sel-sel kulit kita akan benar-benar istirahat dan membuat tubuh fit keesokan harinya. Begitu seterusnya Kak moza membujuk adiknya hingga mengerti pentingnya menjaga bumi dari pemborosan listrik dan air. Karena itu, Moza pun jadi dijuluki polisi bumi oleh Faza juga Mama.

Aksi Moza dalam buku ini, hanyalah satu dari enam aksi cerdas anak-anak yang mampu memberi contoh bagi si kecil untuk menjadi pahlawan bumi. Melalui pemikiran sederhana dan aksi kecil mereka untuk bumi, kelak akan memberikan kebaikan pula bagi dirinya. Seperti juga hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah, sesuatu yang kita sayangi juga akan berbalik menyayangi diri kita. Menjaga bumi sejak dini, bumi pun kelak berbalas menyayangi kita dan begitu sebaliknya. Kisah Raya, Dea, Rasyid, Azmi, dan Pahlawan Misterius juga tak kalah hebat dan seru. Pahlawan Misterius? Siapa ya dia? Temukan teka-teki siapa Pahlawan Misterius dan aksi cerdas anak lainnya hanya di buku Pahlawan Bumi.


Buku "Pahlawan Bumi" ini, diterbitkan oleh Gema Insani dengan ketebalan halaman sekitar 48 lembar. Ukurannya 24 x 19 cm dan beratnya kira-kira mencapai 1 kg (kurang lebih). Buku ini memiliki sampul jenis SC, yaitu Soft Cover yang merupakan jilid kertas biasa (tipis), sehingga lebih ekonomis dan harga buku relatif lebih murah. Buku ini cukup berbobot, bermanfaat sebagai referensi pendidikan dan pelajaran yang mencakup (bertajuk) seputar Akhlak.