Review & beli buku

Buku - Lupakan Mantanmu - Gema Insani

Rp. 44.000 *

  • * Harga jual
  • * Harga belum termasuk ongkos kirim

Dikirim dari:

 Depok, Jawa Barat

Rp. 44.000 Harga Pasaran

0% Diskon

Rp. 0 Anda Hemat

Kode getbuku: lupakan-mantanmu


Informasi Buku
Lupakan Mantanmu

  • Judul: Lupakan Mantanmu
  • Penulis:
  • Penerbit: Gema Insani
  • Berat: 0.4 kg
  • Jumlah Halaman : - Lembar
  • Dimensi (L x P): 18.3 x 12.3 cm
  • Jenis Cover: SC
  • Kategori / Tema: Muamalah

Sinopsis atau Deskripsi Buku
Lupakan Mantanmu

Penyatuan cinta bagi kebanyakan orang khususnya para remaja, diidentikkan dengan pacaran. Ikatan tak resmi secara hukum Islam maupun hukum negara ini, dilakukan sebagai bentuk ekspresi diri antara laki-laki dan perempuan yang saling mencintai. Itu sebabnya, hubungan tak resmi dari sudut pandang apapun, umumnya rentan berakhir dengan kata “PUTUS!”. Artinya, yang tersisa bukan lagi laki-laki dan perempuan yang saling mencintai, melainkan dua mantan pacar yang pernah saling mencintai. Ya, mantan pacar!

Adanya gelar mantan pacar ini, hanya bermula dari hubungan berpacaran itu sendiri. Kalau sudah putus, kita pontang-panting sekuat jiwa dan raga untuk melupakan sang mantan, si dia yang pernah mengisi hari-hari di masa pacaran yang lalu. Inilah yang menjadi perhatian khusus O. Solihin.

Bagi Penulis yang akrab disapa Kang Oleh ini, membicarakan soal mantan memang tak akan pernah ada habisnya. Mungkin bagi sebagian orang, masalah ini sepertinya mudah, tapi bagi para remaja bisa jadi problem berat.Bersama buku Lupakan Mantanmu! ini, Kang Oleh berusaha menyadarkan dan membangkitkan para remaja yang gagal move on dari sang mantan. Pembahasannya tidak hanya mampu membuka logika dan wawasan para remaja saja, tapi juga ampuh menggebrak “ketidakgairahan” hidup karena belum bisa melupakan mantan dari sisi pandangan Islam.

Cara Kang Oleh bertutur di buku ini, seperti biasa: ringan dan menghibur, walau ada beberapa bagian yang terkesan galak dan tegas. Namun, galak dan tegas di sini bukan berarti menyinggung para pembaca, lho! Justru, mata dan hati kita malah terbuka lebar-lebar untuk bertekad lebih tegas melupakan sang mantan. Selain itu, penyajian ilustrasi berwarna dalam buku ini memberikan keseruan tersendiri ketika kita membacanya. Ilustrasi tersebut memberikan kesan bacaan ringan bagi remaja, namun pesan-pesan di dalamnya tetap penuh makna. Di buku ini, Kang Oleh memprioritaskan tujuan pembahasan bagi para cewek yang lebih banyak susah move on ketimbang cowok yang begitu mudahnya berganti pacar. Namun demikian, yang cowok juga perlu baca agar mantap lupain mantanmu!

Asal-muasal sulitnya kita melupakan mantan, ya dari diri sendiri. Kenangan akan masa pacaran dengan sang mantan seolah menghantui pikiran, yang akhirnya malah menjebak hati kita. Menjebak bagaimana? Ya, dengan membangkitkan kenangan itu, kita akan tergoda untuk kembali menjalin cinta dengan si dia. Padahal, belum tentu sang mantan juga merasakan hal yang sama dengan kita. Bisa jadi, dia malah sudah membuang kenangan bersama kita atau mungkin sudah ada yang lain. Sementara kita, sibuk melakukan hal-hal yang justru memancing kembali perhatian mantan atau membangkitkan kenangan masa lalu saat bersamanya. Kalau sudah begitu, rasanya kita sulit untuk pindah ke lain hati alias gagal move on, akhirnya jadi menyiksa hati.

Di buku Lupakan Mantanmu!, Kang Oleh menuliskan bahwa kandasnya cerita cinta bersama si dia mungkin saja menjadi awal dari kebaikan. Ya, kebaikan untuk kita menata hidup yang lebih baik sesuai ajaran Islam. Seperti yang dijelaskan Kang Oleh di awal bab buku ini, pacaran itu tidak ada dalam ajaran Islam. Menjalin pacaran belum tentu membawa ke jenjang pernikahan, namun sudah pasti akan mengantarkan kita pada gelar mantan pacar. Semua ada hikmahnya. Sementara menjadi jomblo hingga dihalalkan dalam pernikahan, itu bukan hal yang hina justru bisa jadi berkah. Ya, seperti yang juga dibahas Kang Oleh dalam buku Jomblo’s Diary.

Kang Oleh memberi langkah-langkah jitu bagi para remaja dilema yang susah move on dari sang mantan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah berpikir positif, lalu menerima kenyataan bahwa saat ini status kita adalah mantan pacar. Lalu, masuklah ke tahap move on dan berbenah diri. Berbenah diri di sini, termasuk dalam mengubah cara pandang, persepsi, kebiasaan, dan tujuan hidup ke arah yang benar sesuai Islam. Namun, di sini Kang Oleh juga mengingatkan pentingnya doa dalam segala usaha yang kita lakukan. Doa itu penting, agar Allah menguatkan hati dan mengiringi lancarnya usaha kita untuk melupakan sang mantan.

Selain itu, kita juga harus meyakini bahwa jodoh itu sudah Allah atur untuk masing-masing hamba-Nya. Persoalan jodoh ini memang menjadi hal yang misteri. Tidak menutup kemungkinan, sang mantan suatu saat kembali menawarkan cintanya untuk meng-khitbah kita. Kalau sudah begini, kita harus bagaimana? Padahal, sekuat hati kita sudah berusaha move on darinya. Yang ia tawarkan pun bukan kembali berpacaran, tapi untuk menikah sesuai syariat Islam. Nah, kalau keadaannya sudah begini, pastinya kita wajib membaca buku ini nih hingga tuntas! Sebab, apa yang harus kita perbuat jika dalam keadaan seperti itu, juga dibahas sampai kelar oleh O. Solihin. Yuk, temukan pembahasan yang lebih lengkap hanya di buku Lupakan Mantanmu!


Buku "Lupakan Mantanmu" ini, diterbitkan oleh Gema Insani dengan ketebalan halaman sekitar - lembar. Ukurannya 18.3 x 12.3 cm dan beratnya kira-kira mencapai 0.4 kg (kurang lebih). Buku ini memiliki sampul jenis SC, yaitu Soft Cover yang merupakan jilid kertas biasa (tipis), sehingga lebih ekonomis dan harga buku relatif lebih murah. Buku ini cukup berbobot, bermanfaat sebagai referensi pendidikan dan pelajaran yang mencakup (bertajuk) seputar Muamalah.