Deskripsi
Penjelasan HTML section

section artinya bagian atau seksi. HTML tag <section> merepresentasikan sebuah bagian dokumen atau aplikasi. Secara kontekstual, <section> element digunakan untuk mengelompokkan konten/dokumen menjadi beberapa bagian berdasarkan tema atau pokok pikiran masing-masing.

Di dalam sebuah element <section>, sebaiknya ditulis pula element heading, yaitu element <h1> sampai dengan <h6> yang ditulis secara langsung didalam element <section> sebagai anak element pertama yang menunjukkan judul atau tematik dari bagian konten tersebut.

Dalam penggunaannya, <section> tidak diperuntukkan sebagai container yang digunakan untuk menampung beberapa elements dengan maksud untuk mendesign/memberi style dengan CSS.

<section> berbeda dengan <div> karena ia memiliki arti semantik (semantic meaning) yang dapat digunakan untuk mengklasifikasikan bagian dari outline sebuah dokumen.


Global Attributes
Atribut Secara Global (Keseluruhan)

<section> tag mencakup global attributes, yang artinya tag tersebut dapat disisipkan semua attributes yang termasuk dalam global attributes yang secara umum berlaku untuk semua HTML tags.

Event Attributes
Atribut event (Peristiwa)

<section> tag mencakup event attributes, yang artinya attribute tersebut dijalankan ketika ada interaksi dari user atau dalam suatu peristiwa (kejadian). Contoh: menjalankan script (JavaScript) ketika halaman web pada jendela browser hendak ditutup, dan lain sebagainya.

Example
Contoh HTML <section> element

<section>
  <h2>HTML5</h2>
  <p>
  HTML5 adalah versi terbaru dari spesifikasi HTML yang yang dikembangkan oleh W3C. Sebenarnya ada dua versi spesifikasi, satu dikembangkan oleh WHATWG dan satunya lagi oleh W3C.
  </p>
</section>

Contoh Lengkap
Demo dengan Source Code Editor

Demo Editor
Demo HTML <section>
Code Editor