Deskripsi
Penjelasan HTML script tag

HTML <script> element digunakan untuk menulis script, atau lebih tepatnya adalah untuk menyisipkan script (seperti JavaScript) pada sisi client, baik itu ditulis secara langsung di dalam element <script>, maupun merujuk sumber file eksternal dengan attribute src.

Jika src attribute disebutkan (ditulis), maka <script> element, harus kosong (tidak boleh berisi konten apapun). Begitu juga sebaliknya, apabila script (javascript) tersebut ditulis langsung didalam element <script>, maka src attribute tidak boleh disebutkan.

<script> tanpa attribute async atau defer akan dijalankan (dieksekusi) secara langsung sebelum browser melanjutkan mengurai konten pada halaman tersebut (untuk lebih jelasnya, lihat pada attribute async dan defer).

Attributes
Atribut HTML Tag <script>

async

Menunjukkan asynchronously yang berarti tidak serempak. Attribute ini digunakan untuk menentukkan bahwa script akan dieksekusi sedangkan konten (halaman) akan terus dibaca/diurai (parse), sehingga berjalan masing-masing. Attribute ini berlaku untuk eksternal script.

charset

Menentukkan character encoding yang digunakan pada file eksternal script.

defer

defer berarti tunda atau menangguhkan. Attribute ini digunakan untuk menangguhkan (menunda) script supaya tidak dijalankan terlebih dahulu sebelum halaman selesai dibaca atau dimuat.

src

Menentukkan link (URL) yang merujuk pada sumber file script external.

type

Menentukkan tipe media yang digunakan untuk script tersebut.


Global Attributes
Atribut Secara Global (Keseluruhan)

<script> tag mencakup global attributes.

Event Attributes
Atribut event (Peristiwa)

<script> tag mencakup event attributes.

Example
Contoh Bagaimana Menulis Script di dalam HTML?

Bagaimana menysisipkan script (javascript) di dalam HTML? Lihat contoh dibawah ini, kemudian Anda dapat memasukkannya diantara element <head> dan </head> ataupun diantara element <body> dan </body>. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat sumber kode pada contoh lengkap demo editor di bawah.

Contoh HTML <script> tag - Internal Script

<script>
  document.write("Selamat datang");
</script>

Contoh HTML <script> tag - External Script

<script src="nama-script.js"></script>

Di dalam HTML5 Anda dapat menambahkan type attribute hanya sebagai pilihan opsional, tetapi dalam HTML4 dan (x)HMTL, attribute ini wajib ditulis. Contoh:

<script type="text/javascript" src="nama-script.js"></script>

Contoh Lengkap
Demo dengan Source Code Editor

Demo Editor
Demo HTML <script>
Code Editor