Deskripsi
Penjelasan HTML hr tag

hr menunjukkan sebuah horizontal rule atau garis horizontal, yaitu garis yang mendatar dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri.

HTML <hr> element digunakan untuk memisahkan konten atau paragraf satu dengan lainnya berdasarkan pengelompokkan tema atau topik masing-masing, istilahnya adalah paragraph-level thematic break.

Untuk memisahkan konten secara tematik, cukup ditulis <hr> saja, tanpa tag penutup (</hr>) atau lebih baik lagi dengan format self closing tag seperti ini: <hr /> yang biasa digunakan dalam format XML.

  Catatan!

<hr> element tidak tidak akan berpengaruh pada outline sebuah dokumen.


Global Attributes
Atribut Secara Global (Keseluruhan)

<hr> tag mencakup global attributes, yang artinya tag tersebut dapat disisipkan semua attributes yang termasuk dalam global attributes yang secara umum berlaku untuk semua HTML tags.

Event Attributes
Atribut event (Peristiwa)

<hr> tag mencakup event attributes, yang artinya attribute tersebut dijalankan ketika ada interaksi dari user atau dalam suatu peristiwa (kejadian). Contoh: menjalankan script (JavaScript) ketika halaman web pada jendela browser hendak ditutup, dan lain sebagainya.

Example
Contoh HTML <hr> element

<h2>Apa itu HTML?</h2>
<p>HTML adalah bahasa untuk membuat struktur halaman web.</p>

<hr>

<h2>Apa itu HTML5?</h2>
<p>HTML5 adalah HTML versi standard dan baru setelah HTML 4.</p>

Pada contoh diatas, <hr> element, digunakan untuk memisahkan pengertian dari HTML dan HTML5. Lihat hasil dari contoh diatas pada demo editor di bawah ini.

Contoh Lengkap
Demo dengan Source Code Editor

Demo Editor
Demo HTML <hr>
Code Editor