Deskripsi
Penjelasan HTML details

HTML <details> merupakan element interaktif yang digunakan untuk menentukkan rincian (detail) konten tambahan yang dapat ditampilkan atau disembunyikan oleh user.

Secara default, teks atau konten pada details element tidak akan ditampilkan pada jendela browser kecuali attribute open disebutkan pada details element tersebut.

Dalam penggunaannya, <details> ditulis bersamaan dengan <summary> element didalamnya yang digunakan sebagai judul atau teks yang akan ditampilkan, sehingga teks atau konten pada element summary tersebut apabila diklik akan muncul konten dari <details> element sebagai rincian atau penjabaran yang memberi keterangan lebih lengkap.

  Tips!

<details> element tidak tepat digunakan pada sebuah catatan kaki (footnotes).

Attributes
Atribut HTML Tag <details>

open

Menentukkan bahwa konten dari details element akan terbuka (open) secara langsung ketika halaman selesai dimuat, sehingga judul dan rincian (keterangan) yang ditulis akan dapat dilihat / dibaca oleh user.


Global Attributes
Atribut Secara Global (Keseluruhan)

<details> tag mencakup global attributes, yang artinya tag tersebut dapat disisipkan semua attributes yang termasuk dalam global attributes yang secara umum berlaku untuk semua HTML tags.

Event Attributes
Atribut event (Peristiwa)

<details> tag mencakup event attributes, yang artinya attribute tersebut dijalankan ketika ada interaksi dari user atau dalam suatu peristiwa (kejadian). Contoh: menjalankan script (JavaScript) ketika halaman web pada jendela browser hendak ditutup, dan lain sebagainya.

Example
Contoh HTML <details> element

<details>
  <summary>Judul Informasi (Klik Aku)</summary>
  <p>Keterangan dari informasi secara lengkap dapat ditulis disini.</p>
</details>

Contoh Lengkap
Demo dengan Source Code Editor

Demo Editor
Demo HTML <details>
Code Editor