Deskripsi
Penjelasan HTML col

HTML <col> tag menunjukkan kolom (column) didalam sebuah table yang pada umumnya ditulis didalam element <colgroup>. col didalam colgroup dapat ditulis lebih dari satu yang menunjukkan urutan kolom dari group kolom (colgroup) tersebut.

HTML <col> tag ditulis didalam element <table> setelah element <caption> dan sebelum element<thead>, <tbody>, <tfoot> dan <tr>.

HTML <col> tag berguna ketika ingin memberi style sebuah table berdasarkan kolom tertentu secara serentak, sehingga tidak menggunakan perulangan style yang sama untuk setiap cell dalam table tersebut.

Attributes
Atribut HTML Tag <col>

span

Menentukkan jumlah kolom (column) yang harus dijangkau (span). Contoh: <col span="2">, maka kolom pertama dan kolom berikutnya dapat diberi style dan property yang sama sekaligus.


Global Attributes
Atribut Secara Global (Keseluruhan)

<col> tag mencakup global attributes, yang artinya tag tersebut dapat disisipkan semua attributes yang termasuk dalam global attributes yang secara umum berlaku untuk semua HTML tags.

Event Attributes
Atribut event (Peristiwa)

<col> tag mencakup event attributes, yang artinya attribute tersebut dijalankan ketika ada interaksi dari user atau dalam suatu peristiwa (kejadian). Contoh: menjalankan script (JavaScript) ketika halaman web pada jendela browser hendak ditutup, dan lain sebagainya.

Example
Contoh HTML <col> element

<table>
  <colgroup>
    <col style="background: lime">
    <col style="background: cyan">
    <col span="2" style="background: yellow">
  </colgroup>
  <tr>
    <th>No</th>
    <th>Nama</th>
    <th>TTL</th>
    <th>Pekerjaan</th>
  </tr>
  <tr>
    <td>1</td>
    <td>dr. Dedi Suryadi</td>
    <td>10 Juli 1975</td>
    <td>Dokter</td>
  </tr>
  <tr>
    <td>2</td>
    <td>Prof. Yudi Wahyudi</td>
    <td>10 Januari 1984</td>
    <td>Dosen</td>
  </tr>
</table>

Contoh Lengkap
Demo dengan Source Code Editor

Demo Editor
Demo HTML <col>
Code Editor