Deskripsi
Penjelasan HTML code

HTML <code> tag digunakan untuk menunjukkan sebuah bagian dari kode komputer (Computer code). Kode komputer mencakup sebuah nama element XML, nama sebuah file, program komputer, atau kode-kode lainnya yang dapat dikenali oleh komputer.

Dalam penggunaannya, disarankan memakai nama class yang menunjukkan bahasa dari kode komputer yang digunakan. Contohnya, jika menuliskan kode CSS, maka dapat menggunakan nama class seperti: "language-css", sehingga dapat ditulis: <code class="language-css">...</code>.

element code digunakan untuk memberi markup kode komputer secara inline (dalam baris), sedangkan untuk mem-blok kode (garis baru), element <code> dapat ditulis didalam element <pre> (Lihat Contoh 2).


Global Attributes
Atribut Secara Global (Keseluruhan)

<code> tag mencakup global attributes, yang artinya tag tersebut dapat disisipkan semua attributes yang termasuk dalam global attributes yang secara umum berlaku untuk semua HTML tags.

Event Attributes
Atribut event (Peristiwa)

<code> tag mencakup event attributes, yang artinya attribute tersebut dijalankan ketika ada interaksi dari user atau dalam suatu peristiwa (kejadian). Contoh: menjalankan script (JavaScript) ketika halaman web pada jendela browser hendak ditutup, dan lain sebagainya.

Example
Contoh HTML <code> element

Contoh 1
<p>Dalam HTML, untuk menulis paragraf, gunakan element <code>&lt;p&gt;</code>.</p>

Contoh 2

Penggunaaan HTML <code> dengan <pre> sebagai induk element

<pre><code class="language-css">
p {
  font-family: Arial;
  font-size: 15px;
}
</code></pre>

Contoh Lengkap
Demo dengan Source Code Editor

Demo Editor
Demo HTML <code>
Code Editor