Deskripsi
Penjelasan HTML aside

aside artinya disamping yang menunjukkan bersebelahan. Element aside digunakan untuk merepresentasikan sebuah bagian halaman (seksi) yang berkaitan dengan konten disekitar element aside itu sendiri.

Dapat dikatakan, aside adalah konten yang bersebelahan dan berkaitan dengan konten disekitarnya, akan tetapi, konten tersebut ditulis dengan maksud mengesampingkan (terpisah) dari konten utama.

<aside> biasanya digunakan sebagai sidebar yang posisinya berada pada panel sebelah kanan/kiri halaman web. Element aside juga dapat digunakan didalam element <article> yang menunjukkan konten terpisah dari konten utama artikel tersebut (contoh: kutipan, iklan, dan grup navigasi).


Global Attributes
Atribut Secara Global (Keseluruhan)

<aside> tag mencakup global attributes, yang artinya tag tersebut dapat disisipkan semua attributes yang termasuk dalam global attributes yang secara umum berlaku untuk semua HTML tags.

Event Attributes
Atribut event (Peristiwa)

<aside> tag mencakup event attributes, yang artinya attribute tersebut dijalankan ketika ada interaksi dari user atau dalam suatu peristiwa (kejadian). Contoh: menjalankan script (JavaScript) ketika halaman web pada jendela browser hendak ditutup, dan lain sebagainya.

Example
Contoh HTML <aside> element

<aside>
<h3>Istilah Kata:</h3>
<dl>
  <dt>W3C</dt>
  <dd>World Wide Web Consortium. Organisasi dunia yang mengelola dan membakukan web standard.</dd>
</dl>
<dl>
  <dt>Device</dt>
  <dd>Alat. Alat yang dimaksud adalah semua teknologi yang digunakan untuk mengakses internet/web.</dd>
</dl>
</aside>

Contoh Lengkap
Demo dengan Source Code Editor

Demo Editor
Demo HTML <aside>
Code Editor