Deskripsi
Penjelasan HTML article

article merupakan tag yang ditulis sebagai element HTML dalam format <article>..</article>, digunakan untuk memberi mark up sebuah independent content, artinya element itu dapat berdiri sendiri sebagai sebuah konten utuh yang tidak terikat dengan konten lain (element lain). Contoh: sebuah postingan blog, komentar blog, postingan forum, sebuah review item tertentu, berita atau sebuah interaktif widget dapat ditulis dan diapit menggunakan element <article> </article> .

Element <article> boleh disisipkan di dalam element <article> yang lain (nested), asalkan konten dari article tersebut berkaitan dengan induk article element yang menaunginya.


Global Attributes
Atribut Secara Global (Keseluruhan)

<article> tag mencakup global attributes, yang artinya tag tersebut dapat disisipkan semua attributes yang termasuk dalam global attributes yang secara umum berlaku untuk semua HTML tags.

Event Attributes
Atribut event (Peristiwa)

<article> tag mencakup event attributes, yang artinya attribute tersebut dijalankan ketika ada interaksi dari user atau dalam suatu peristiwa (kejadian). Contoh: menjalankan script (JavaScript) ketika halaman web pada jendela browser hendak ditutup, dan lain sebagainya.

Example
Contoh HTML <article> element

<article>
  <h1>Mengenal Web Standard</h1>
  <p>
    Apa itu Web Standard? Web Standard adalah teknologi yang dibangun oleh W3C dan lainnya yang dikembangkan untuk menginterpretasikan konten web agar memiliki standar yang dapat dinikmati oleh semua kalangan dan dapat diakses di semua <em>device</em> (smartphone, tablet, desktop dan lain sebagainya).
  </p>
</article>

Contoh Lengkap
Demo dengan Source Code Editor

Demo Editor
Demo HTML <article>
Code Editor