Deskripsi
Penjelasan HTML abbr

abbr element menunjukkan sebuah abbreviation (singkatan) atau acronym (akronim), seperti HTML, PMI, MPR, RT, RW dan lain sebagainya yang semuanya menunjukkan singkatan dan memiliki kepanjangan. Element <abbr> digunakan bersamaan dengan atribut title yang menjelaskan kepanjangan dari singkatan tersebut dan tidak boleh berisi keterangan lain.

Kepanjangan yang ditulis pada title attribute dapat dilihat ketika mouse/pointer menyentuh (berada diatas) element abbr tersebut.


Global Attributes
Atribut Secara Global (Keseluruhan)

<abbr> tag mencakup global attributes, yang artinya tag tersebut dapat disisipkan semua attributes yang termasuk dalam global attributes yang secara umum berlaku untuk semua HTML tags.

Event Attributes
Atribut event (Peristiwa)

<abbr> tag mencakup event attributes, yang artinya attribute tersebut dijalankan ketika ada interaksi dari user atau dalam suatu peristiwa (kejadian). Contoh: menjalankan script (JavaScript) ketika halaman web pada jendela browser hendak ditutup, dan lain sebagainya.

Example
Contoh HTML <abbr> element

Contoh 1

Kepanjangan dari PMI adalah "Palang Merah Indonesia" yang ditulis pada value dari title attribute.

<p>Setiap 3 bulan sekali saya mendonorkan darah ke:
<abbr title="Palang Merah Indonesia">PMI</abbr>.
</p>
Contoh 2
<p>
<dfn id="pmi">Palang Merah Indonesia</dfn> (<abbr title="Palang Merah Indonesia">PMI</abbr>)
adalah organisasi perhimpunan nasional Indonesia yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan. PMI memiliki slogan: <cite>Setetes darah Anda, nyawa bagi sesama</cite>
</p>

Demo
Contoh lengkap yang dapat diedit secara langsung

  Demo Editor
Demo HTML <abbr>
Code Editor