Deskripsi
Pengertian & Penjelasan CSS float:

Apa itu float di dalam CSS? float secara etimologi berarti "mengapung". Property float digunakan untuk menentukan apakah sebuah elemen box harus mengapung (float) atau tidak. Sebuah elemen bisa diposisikan seakan-akan berada mengapung diantara elemen setelahnya. Mengapung disini, berarti elemen yang mengalami float tersebut akan dipindahkan ke tepi paling kiri (float:left) atau tepi paling kanan (float:right) dari element induknya.

Tujuan utama float adalah untuk mengatur text agar melipat di sekitar elemen image (gambar). Akan tetapi, float juga bisa digunakan untuk layout dan style lainnya.

Elemen yang tidak mengalami float berada pada posisi normal, yaitu berada pada arah berlawanan dengan elemen yang mengelilinginya (bertumpuk dari atas kebawah atau dari kiri ke kanan). Sedangkan, Elemen yang mengalami float tidak mengikuti kaidah sebagaimana semestinya. Property float tidak bisa digunakan untuk elemen-elemen yang memiliki posisi absolute (position: absolute;)

Syntax
Penggunaan Sintaksis CSS float

float: left | right | none | inherit

Values
Nilai CSS float

CSS property float memiliki value: left, right, none dan inherit. Secara default float memiliki nilai none

float: left;

Digunakan untuk menentukan bahwa sebuah elemen harus mengapung (float) disebelah kiri dari posisi containing block (elemen blok yang menampungnya).

float: right;

Digunakan untuk menentukan bahwa sebuah elemen harus mengapung (float) disebelah kanan dari posisi containing block (elemen blok yang menampungnya).

float: none;

Digunakan untuk menentukan bahwa sebuah elemen tidak boleh mengapung (float).

float: inherit;

value dari property float, mengikuti induk element sebelumnya.